Bersyukur Dapat Merubah Hidup III : Pengaruh Syukur


Oleh : Anshori Ramadhany 
Lanjutan dari : Bersyukur Dapat Merubah Hidup II : Ungkapan Rasa Syukur
Mari kita bertanya pada diri sendiri , apakah Allah telah memuliakan kita ?.  Allah berfirman dalam surat Maryam,surat yang ke 19 ayat 47 : “Ibrahim berkata ,Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu,aku akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku “. Dalam ayat itu  ada kalimat : “.... Dia sangat baik kepadaku”. Kalimat ini menujukkan bahwa Allah SWT senantiasa memuliakan kita dan memberi kenikmatan kepada kita. Kalau kita mau 

meneliti secara cermat , rasanya... kita akan sampai pada suatu perasaan,yang kita sendiri  merasa tidak tahu bagaimana harus bersyukur,karena begitu banyak dan besarnya nikmat Allah kepada kita.  Apakah kita dapat merasakan bagaimana Allah memuliakan Kita ?. Marilah kita cari dalam hidup kita ini,niscaya kita akan mendapatkan kenikmatan yang sebenarnya kita sendiri tidak pantas  untuk mendapatnya. Misalnya saja , diantara kita telah diberi kesempatan oleh Allah untuk menunaikan umroh atau bahkan melaksanakan Ibadah Haji,padahal kita sering  bermaksiat. Atau Allah telah memberikan kesempatan pada kita untuk membaca,mendengar dan mengikuti nasehat Agama sehingga kita mendapatkan hidayah. Kita lihat lainnya, Allah telah memberikan kesempatan pada kita untuk ikut sholat berjamah di mesjid, menghadiri majelis ta’lim. Allah memberi rezeki yang cukup kepada kita,selalu memberi solusi atas kesulitan-kesulitan kita, dan masih banyak contoh-contoh lain. Semuanya yang ada pada diri kita saat ini adalah karunia dan nikmat Allah yang terbaik buat kita.  Kalau kita pikir,sebenarnya kita tidak berhak mendapatkanya,karena dosa kita yang sedemikian banyaknya. Hal ini patut kita sadari bahwa semua itu adalah bentuk kemuliaan dan kenikmatan yang telah diberikan Allah kepada kita.
Bila kita lihat, paling tidak ada tiga manfaat besar bersyukur. Ketiga manfaat ini  akan mengubah hidup kita jika kita mendapatkannya bahkan akan menjadi media pembuka rejeki dan nikmat yang lebih banyak lagi.

Pertama : Pahala dari Allah. Jelas, bersyukur adalah perintah Allah, kita akan mendapatkan pahala jika kita bersyukur dengan penuh ikhlas

Kedua :  Pengaruh secara Psikologis. Ungkapan rasa syukur adalah wujud dari dorongan psikis yang dibutuhkan untuk menunjukan rasa penghargaan dan perhatian atas  aktifitas orang lain. Rasa syukur yang mendalam akan menciptakan Feeling Good, akan membuat kita lebih bahagia. Perasaan kita menjadi lebih enak dan nyaman. Bagaimana tidak, pikiran kita akan fokus pada berbagai kebaikan yang kita terima. Jika kita  melihat  Hukum Daya Tarik (law of attraction), feeling good akan meningkatkan kekuatan kita menarik apa yang kita inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Semakin banyak bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita. Ingatlah , motivasi yang kita dapatkan  akan muncul dari kondisi emosi yang positif. Bersyukur akan menciptakan emosi yang positif  karena fokus pada hal-hal yang positif. Semakin banyak kita bersyukur akan semakin besar motivasi yang kita miliki.  Bersyukur akan membentuk pola pikir cerah dan sukses. Pola pikir yang cerah dan sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola yang cerah dan sukses.  

Ketiga : Pengaruh Secara Sosiologis. Sikap bersyukur akan menumbuhkan hubungan saling memberi dan menerima bukan saling menguasai dan dikuasai.
Dengan mengetahui manfaat bersyukur , maka benar sekali  Firman Allah SWT  dalam Surat Ibrahim ayat 7 :
dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Dalam ayat di atas , Allah telah menjamin, akan MENAMBAH  nikmat-Nya ,bila kita bersyukur
Sudah bersyukurkah kita  saat ini ... ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar