Upaya XL memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi pelanggan dan Indonesia

Kategori: Masyarakat Umum
Tema Umum : Upaya XL memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi pelanggan dan Indonesia
Tema : Dampak tarif telekomunikasi yang murah terhadap upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia 
[1]
Oleh : Neti Sumianti, S.Pt, S.Pd [2]


TARIF XL MURAH...
RAKYAT BAHAGIA RAKYAT SEJAHTERA
Derasnya arus globalisasi yang kini merambah seluruh belahan dunia tidak terkecuali Indonesia menyebabkan tersibaknya sekat – sekat yang menghalangi antara negara satu dengan negara lain di dunia ini. Bagi Indonesia sebagai negara berkembang yang masih berjuang keluar dari kondisi krisis, hal ini bisa menguntungkan dan juga bisa merugikan karena persaingan global akan semakin kuat berpengaruh pada pembangunan nasional pada masa yang akan datang. Perekonomian nasional akan menjadi lebih terbuka yang secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan daerah–daerah di Indonesia.
Perdagangan bebas yang terjadi saat ini, dapat menjadi tantangan bagi daerah-daerah di Indonesia untuk menyiapkan diri menghadapi globalisasi di bidang perekonomian untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal sekaligus mengurangi kerugian dari persaingan global melalui pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. Selanjutnya letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan dibatasi oleh lautan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dari Pulau We sampai Pulau Rote tentu menjadi tantangan tersendiri yang memerlukan penanganan yang tepat, karena selama ini baru sebagian wilayah Indonesia yang tergarap sedangkan sebagian lain khususnya daerah di wilayah Timur belum tergarap dengan baik. Hal ini tentu dapat merugikan karena dapat menjadi “api dalam sekam” yang dapat mengganggu stabilitas dan kesatuan bangsa.
Banyak sekali perubahan yang dapat dirasakan akibat adanya globalisasi, baik perubahan yang bersifat positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif globalisasi akibat adanya kemajuan teknologi dan kemudahan mengakses informasi adalah tidak ada lagi yang dapat disembunyikan sekalipun itu termasuk dalam rahasia negara adidaya sekaliber Amerika Serikat yang amat penting, seperti pada kasus Wikileak. Sedangkan bagi bangsa Indonesia dampak negatifnya adalah terjadinya krisis identitas nasional yang ditandai dengan semakin memudarnya nilai–nilai solidaritas sosial, kekeluargaan, keramahtamahan serta rasa cinta tanah air yang pernah menjadi kekuatan pemersatu dan ciri khas bangsa Indonesia. Demikian pula kebanggaan atas jati diri bangsa seperti penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar semakin menurun, mereka lebih suka menggunakan bahasa yang dicampur–campur mengikuti trend saat ini, lebih gaul katanya....
Namun di sisi lain, masyarakat Indonesia juga banyak mendapatkan keuntungan dari adanya globalisasi yang banyak memberikan pesan pembaharuan dalam segala bidang, salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi dan informasi. Hal ini ditandai semakin maraknya penggunaan alat telekomunikasi telepon seluler (ponsel) yang teknologinya jauh meninggalkan telepon rumah yang dulu banyak digunakan masyarakat Indonesia. Ponsel dianggap lebih sesuai bagi masyarakat modern yang dituntut untuk mempunyai mobilitas tinggi seperti saat ini. Selain bentuknya yang kecil sehingga praktis dan mudah dibawa kemana–mana, stylis serta fasilitas yang disediakan juga sesuai kebutuhan bagi penggunanya. Bahkan penggunaan ponsel sebagai salah satu media online berperan besar dalam menggeser peran media cetak untuk penyediaan informasi. Menurut sumber Nielsen Media Index, di tahun 2009 penetrasi surat kabar 19% terus turun dari penetrasi sebesar 28% di tahun 2005.
Penggunaan ponsel dari tahun ke tahun yang semakin menjamur mendorong produsen untuk berlomba–lomba mengeluarkan produk dengan berbagai model, fasilitas serta harga yang sangat terjangkau, sehingga ponsel dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dari orang tua sampai anak–anak, dari golongan ”konglomerat“ sampai golongan ”kok melarat“ pun tidak mau kalah. Menurut catatan International Telecommunication Unio (ITU) jumlah orang yang terdaftar sebagai pemakai telepon genggam alias ponsel diperkirakan mencapai 5 miliar pada tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada tahun 2009 yang diperkirakan sebanyak 4,6 miliar jiwa. Sedangkan pengguna ponsel di Indonesia berdasarkan hasil riset yang dikeluarkan oleh ROA ( Research On Asia ) menyatakan bahwa pengguna ponsel di Indonesia dari tahun 2007 sampai 2010 terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data yang diperoleh yaitu pada akhir tahun 2006, pengguna ponsel di Indonesia tercatat sebanyak 68 juta orang dan pada tahun 2010 diprediksi mencapai angka 116 juta pengguna yang berarti sekitar separuh dari seluruh populasi yang diperkirakan mencapai 250 juta adalah pengguna ponsel. Besarnya jumlah pengguna ponsel di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat dan bahkan Indonesia menempati urutan ke Tiga di dunia setelah China dan India karena besarnya jumlah pengguna ponsel (Wow...sungguh fantastis).
Tabel 10 negara pengguna ponsel terbesar di dunia
No Nama Negara Juml.Pengguna
1. China 585 juta
2. India 291 juta
3. Amerika Serikat 259 juta
4. Rusia 172 juta
5. Brasil 134 juta
6. Indonesia 116 juta
7. Jepang 103 juta
8. Jerman 103 juta
9. Italia 90 juta
10 Pakistan 86 juta
Sumber : Wireless Intelligent

Besarnya jumlah pengguna ponsel ini tentu berkaitan dengan kebutuhan informasi bagi masyarakat di zaman yang serba instan seperti saat ini yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan daya saing suatu bangsa. Hal ini mutlak memerlukan kemampuan mengakses berbagai informasi yang luas dan up to date untuk dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan bangsa Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Perkembangan pasar ponsel Indonesia yang sangat pesat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah selain untuk gaya hidup yang didukung oleh harga ponsel yang semakin terjangkau oleh semua kalangan ditambah lagi beberapa operator ponsel berlomba–lomba melakukan penurunan tarif layanan mereka, baik tarif percakapan, tarif sms, mms dan juga tarif pengaksesan internet yang pasti semakin berdampak pada makin bertambahnya masyarakat dengan pendapatan rendah bahkan uang saku anak Sekolah Dasar untuk menjadi pengguna ponsel.
Penggunaan ponsel sebagai perangkat telekomunikasi tentu banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah teknologi ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang lain kapan saja dan dimana saja dengan mudah bahkan lengkap dengan gambar karena kini sudah ada fasilitas 3G. Sedangkan trend yang sedang berkembang di masyarakat saat ini adalah komunikasi dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Jumlah pengguna facebook di Indonesia berdasarkan hasil penelitian berjumlah sekitar 11 juta pengguna, data tersebut menujukan bahwa pengguna facebook di Indonesia jumlahnya dua kali lipat penduduk di Singapura. Berikut Grafik yang menunjukan jumlah pengguna facebook di Indonesia.


Data berikut lebih mencengangkan lagi, karena jumlah pengguna facebook di Indonesia pada Juli 2009 naik hampir 3000% (30 x lipat) dibandingkan data pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Data tersebut menunjukkan jumlah pengguna facebook yang tertinggi bukan se-Asia Tenggara dan bukan se-Asia tetapi seluruh dunia.

Tabel Pengguna Facebook di Dunia



Berdasarkan data ini dapat kita lihat besarnya animo masyarakat Indonesia terhadap salah satu fasilitas yang ada di ponsel ini. Dilihat dari besarnya jumlah pengguna yang ada di Indonesia yang mencengangkan, hal ini dari sisi positifnya tentu dapat menjalin komunikasi dengan siapapun tanpa melihat perbedaan status sosial, golongan, ras, suku bangsa atau apapun yang selama ini menjadi penghalang, namun hal ini juga perlu diwaspadai, karena banyak juga pihak–pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situs jejaring sosial ini untuk mengambil keuntungan pribadi dengan perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti menipu. Hingga saat ini jumlah pelanggan XL BlackBerry telah mencapai lebih dari 500.000 pelanggan aktif, yang didukung dengan kapasitas bandwidth BlackBerry secara langsung ke RIM (Research in Motion) melalui dual carrier partner sebesar 800Mbps untuk menjamin kualitas layanan dan kenyamanan seluruh pelanggan XL BlackBerry.
Tentang XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas dan telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006 yaitu layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. Sejak hadirnya XL sebagai operator seluler yang inovatif sejak awal oleh PT EXCELCOMINDO Pratama telah memberikan berbagai aspirasi terhadap operator seluler lain, paling tidak untuk me-manage kembali pemberlakuan tarif dan konten yang diberikan kepada pelanggan.
Selain itu, sejarah panjang yang telah dilalui XL untuk negeri ini yang pada tahun 2007 telah bermetamorfosis menjadi operator yang mempelopori tarif murah di tanah air, tentu disambut gembira oleh masyarakat pengguna telepon seluler karena memudahkan bagi mereka mengakses fasilitas ponsel dengan tarif yang sangat terjangkau, sehingga tidak mengherankan jumlah pelanggan XL pada tahun 2010 ini terus meningkat menjadi 36 juta pengguna. Bahkan berdasarkan hasil survey tahun 2008 lalu ( Source : Company Data, Morgan Stanley Research) tarif XL merupakan tarif termurah ke 2 di Asia. Jejak XL yang memelopori penurunan tarif selanjutnya diikuti oleh operator seluler lainnya di tanah air, namun tarif XL tetap lebih murah dibandingkan dengan tarif dari operator lain. Menjelang 63 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan ulang tahun XL ke 12 tahun, XL menghadirkan era baru berkomunikasi bagi pelanggan XL di seluruh Indonesia. XL menawarkan kebebasan memilih promo tarif sesuai dengan pola dan perilaku masyarakat Indonesia sehingga kita dapat bebas berkomunikasi dengan sanak saudara yang terpisah jauh tanpa khawatir biaya telekomunikasi mahal, berikut tabel yang membuktikan tarif XL lebih murah dibandingkan tarif dari operator lain.

Sumber:http://forumponsel.com/topic/perbandingan-tarif-di-majalah-selular-april-2008-xl-paling-murah


Sumber:http://forumponsel.com/topic/perbandingan-tarif-di-majalah-selular-april-2008-xl-paling-murah


Berdasarkan data dari tabel ini dapat kita lihat bahwa tarif XL bila dibandingkan dengan dengan tarif dari operator lain, baik untuk pengguna sesama operator maupun yang berbeda operator, tarif XL masih lebih murah. Hal ini bisa menjadi bahan rekomendasi bagi pengguna ponsel yang belum menggunakan XL sebagai pilihan agar segera menjatuhkan pilihan hanya pada XL. Tarif murah ini tentu sangat berguna dan besar sekali manfaatnya baik bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Upaya peningkatan kualitas hidup ini dapat terjadi karena semakin murahnya biaya untuk berkomunikasi.

Upaya Peningkatan Kualitas Masyarakat Dengan Memanfaatkan Tarif Murah XL
Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia dikenal sebagai pelopor tarif murah yang sangat memanjakan pelanggannya dengan promo gila–gilaannya. Hal ini tentu sangat menggembirakan dan sangat ditunggu oleh masyarakat karena tarif komunikasi mereka akan semakin murah dan terjangkau. Hal ini tentu akan berkorelasi sangat positif dengan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat yang salah satu indikator utamanya adalah penguasaan atas teknologi. XL didukung oleh jaringan yang berkualitas selama bertahun–tahun, selanjutnya XL dikenal karena kehandalan kualitas jaringan dan kejernihan suaranya.
Bagi kalangan yang berduit hal ini mungkin bukan masalah, tapi bagi masyarakat golongan menengah ke bawah yang merupakan jumlah terbesar di negeri ini hal ini sangat berarti. Di tengah kondisi yang serba sulit dimana hampir semua barang harganya semakin membumbung tinggi, XL membawa angin segar dengan promo Rp.0,1/detik. Bagi golongan menengah ke bawah, khususnya ibu rumah tangga tarif murah ini tentu sangat menghemat pengeluaran, belum lagi bagi kalangan pekerja kecil seperti Tukang Becak yang dapat berkomunikasi dengan pelanggannya, tukang sayur dapat menerima pesanan tanpa harus bertemu langsung dengan pelanggan dan masih banyak lagi golongan kecil yang diuntungkan dengan adanya tarif murah XL, bahkan kini XL menerbitkan program baru dengan tarif telepon Rp0. Tarif murah XL ini selain menghemat pengeluaran juga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi kalangan menengah ke bawah sehingga kualitas hidup masyarakatpun akan meningkat dengan sendirinya.
Sebagai seorang warga negara, ibu dan juga sebagai pendidik yang berkecimpung dalam upaya pencerdasan bangsa, penulis mengacungkan empat jempol atas program yang telah dijalankan XL dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dapat dicontoh perusahaan operator seluler lain. Kepekaan sosial XL yang melihat bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya akan potensi dan sumber daya perlu dukungan dan partisipasi dari semua pihak untuk dapat mewujudkan cita–cita menuju Indonesia yang sejahtera dan bahagia.
XL bahkan telah berkomitmen dan berpartisipasi dalam memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan masyarakat Indonesia melalui berbagai program nyata CSRnya yang telah terorganisir dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Kontribusi XL dalam program CSRnya yang sepanjang tahun 2008 telah mengeluarkan dana sebesar Rp 9.408.740.458 telah mewujudkan upaya dasar dalam pembangunan suatu bangsa yaitu melalui usaha pengembangan pendidikan dalam berbagai program diantaranya yaitu :
1. Indonesia Berprestasi
2. Indonesia Berprestasi Awards ( IBA )
3. Komputer untuk Sekolah
4. Bantuan Peralatan Multiplexer Transmission
5. Insentif Pendidikan
6. Taman Pintar
7. Pembangunan Sekolah, Taman Membaca dan Perpustakaan

Sedangkan letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang dibatasi hutan dan lautan dan jarak yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dapat diatasi dengan adanya pembangunan jaringan XL yang kini telah mencapai sekitar 90 % populasi, termasuk di daerah pelosok dan terpencil di negeri ini dan diperkuat dengan BTS yang lebih dari 20.888 yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pemerataan pembangunan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki wilayah yang terdiri dari ribuan pulau dan dibatasi oleh lautan ini, ditambah lagi dengan adanya investasi jutaan dolar AS yang dikucurkan setiap tahun untuk mampu melayani pelanggan XL dengan tarif murah sekaligus kualitas jaringan yang handal, dan yang lebih penting dari semua itu adalah kehadiran XL dapat memberikan manfaat bagi semua lapisan masyarakat Indonesia sekarang dan di masa yang akan datang. Jadi tunggu apalagi? XL memang yang terbaik.........


Sumber data:
http://www.businessreview.co.id/berita-pasar-modal-1029.html
http://www.antara.co.id/arc/2007/8/13/pelanggan-ponsel-capai-80-7-juta-pada-2008/
http://www.perangtarifseluler.com/index.php?option=com_content&task=view&id=404&Itemid
http://www.detikinet.com/read/2008/09/17/111659/1007664/328/pelanggan-seluler-indonesia-terbesar-ke-6-di-dunia
http://m.detik.com
http://www.tabloid-ponsel.com/berita-183-146-juta-penduduk-indonesia-memakai-ponsel.html
http://fauzan.dhezign.com/676/social-media/pertumbuhan-pengguna-facebook-di-indonesia-tertinggi-di-dunia
http://www.berita8.com/news.php?cat=7&id=19388
http://m.berita8.com
http://forumponsel.com/topic/perbandingan-tarif-di-majalah-selular-april-2008-xl-paling-murah


Keterangan :
[1] Naskah lomba untuk XL Award 2010 Lomba Karya Tulis.
[2] Guru MTs Darussalam Jember

Tidak ada komentar:

Posting Komentar